logo-raywhite-offcanvas

14 Mar 2023

Siapa Bilang Renovasi Rumah Harus Mahal-mahal? Berikut Beberapa Tips & Tricks Renovasi Rumah yang Bikin Kantong Gak Jebol!

Siapa Bilang Renovasi Rumah Harus Mahal-mahal? Berikut Beberapa Tips & Tricks Renovasi Rumah yang Bikin Kantong Gak Jebol!

Memang benar kalau biaya renovasi rumah ternyata sama saja dengan membangun rumah baru? Kesalahan di beberapa tahap yang dilakukan dalam merenovasi rumah dapat menimbulkan hasil yang kurang memuaskan. Renovasi rumah tentu memerlukan perencanaan yang baik serta alokasi dana yang matang. Perlu dipersiapkan dana yang cukup untuk bisa merenovasi bagian rumah yang dibutuhkan.

 

Merenovasi rumah tentu tidak selalu harus menggunakan budget yang besar, alias Anda dapat merenovasi rumah Anda dengan budget irit. Namun, diperlukan trik khusus yang harus dilakukan untuk bisa merenovasi rumah Anda dengan memuaskan dan maksimal sesuai dengan keinginan Anda. Apa saja tips & trick tersebut? Simak dibawah ini!


1. Buat Skala Prioritas

 Jika Anda ingin lebih mengirit biaya pengeluaran saat merenovasi rumah, sebaiknya Anda lebih memperhatikan bagian-bagian mana di rumah Anda yang sangat perlu untuk diganti atau direparasi. Setelah mengetahui bagian-bagian mana saja, Anda dapat membuat list prioritas paling tinggi untuk direnovasi. Hal ini perlu dilakukan untuk bisa menjaga budget renovasi Anda tidak membengkak karena kebutuhan-kebutuhan biaya tambahan lainnya yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

Ada baiknya, jika Anda dapat menanamkan pikiran bahwa dalam merenovasi rumah tidak harus dilakukan secara menyeluruh, melainkan dapat dilakukan secara bertahap berdasarkan budget masing-masing yang dimiliki.


2. Mencari Diskon/Penawaran Khusus

Untuk bisa memperoleh bahan-bahan bangunan maupun perabotan atau furniture rumah dengan harga terjangkau, Anda harus bisa rajin-rajin memantau berbagai toko bangunan yang mengadakan diskon atau penawaran khusus. Biasanya, penawaran khusus ini dapat diadakan setiap awal tahun maupun akhir tahun dan juga hari-hari besar lainnya. Namun, tetap perlu diperhatikan juga kualitas jika membeli barang dengan harga potongan atau diskon.

 
3. Manfaatkan Perabotan Rumah yang Masih Layak Digunakan

 Ide merenovasi rumah adalah untuk mengganti atau memperbaiki bagian rumah yang sudah tidak layak digunakan, hal ini tentu berbeda dengan membangun rumah baru. Sehingga, jika di rumah Anda masih terdapat perabotan atau furniture yang masih layak dan bagus dapat tetap digunakan ataupun disimpan. Misalnya seperti pintu, jendela, kusen dan lainnya.


4. Hemat Biaya Dengan Tenaga Pribadi

 Inilah saat yang tepat untuk bisa memanfaatkan keterampilan yang dimiliki. Kebutuhan renovasi tertentu yang terbilang sederhana dapat Anda lakukan sendiri, hal ini tentu akan mengirit biaya pengeluaran saat merenovasi rumah.

 
5. Tidak Merenovasi di Musim Hujan

 Jika renovasi yang dilakukan tidak terlalu mendesak, Anda bisa menghindari untuk melakukan renovasi musim hujan. Hal ini dikarenakan hujan dapat menghambat proses renovasi. Jika hujan turun, secara otomatis akan menunda segala pekerjaan yang dilakukan selama renovasi dalam waktu yang tak terduga. Sehingga, renovasi akan memakan waktu lebih lama dan biaya yang lebih besar. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang menggunakan jasa tukang untuk lebih menghindari merenovasi rumah di kala musim hujan.


Itu dia beberapa tips & tricks renovasi rumah yang bikin kantongmu gak jebol. Tetap pede untuk merenovasi rumah Anda walaupun dengan budget yang irit dan lakukanlah perencanaan yang sematang-matangnya untuk bisa memperoleh hasil yang memuaskan dan maksimal!


Share
Search