logo-raywhite-offcanvas

23 Mar 2024

Biar Gak Rusak, Berikut Cara Membersihkan Kompor Yang Benar!

Biar Gak Rusak, Berikut Cara Membersihkan Kompor Yang Benar!

Memasak merupakan hal yang menyenangkan bagi banyak orang. Selain itu, memasak juga akan membuat wawasan kita semakin bertambah akibat mempelajari resep baru. Biasanya kalau ingin memasak bagian rumah yang langsung dituju adalah dapur. Dapur merupakan sebuah bagian penting di rumah karena sifatnya yang multifungsi. Terdapat beberapa komponen pada dapur yang dapat menunjang kegiatan memasak seperti rak piring, peralatan masak, hingga kompor.


Kompor merupakan salah satu alat yang sering digunakan untuk memasak. Ibarat manusia, kompor adalah jantung dari sebuah dapur. Mustahil rasanya jika tidak terdapat sebuah kompor di dapur. Adanya kompor tentu akan sangat membantu segala urusan terkait masak-memasak. Dengan begitu kompor harus selalu dalam keadaan yang berfungsi, bersih, dan terjaga. Kalian tentu tidak ingin kegiatan masak-memasak kalian menjadi terganggu karena kompor yang kotor, bukan? Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membersihkan kompor yang benar. 


1. Lepaskan Ring Kompor Dan Rendam

Langkah pertama yang harus kalian lakukan dalam proses membersihkan kompor gas adalah melepaskan cincin kompor gas dan merendamnya. Pada umumnya, cincin kompor gas dapat dilepaskan langsung dari alasnya. Namun, jika cincin terhubung dengan alas, disarankan untuk melihat pada petunjuk penggunaan terlebih dahulu untuk melepaskannya dengan benar.


Setelah berhasil dilepas, rendam cincin dalam campuran air panas yang telah ditambahkan dengan sabun pencuci piring dan satu sendok makan asam sitrat kurang lebih selama 2-4 jam. Hal ini dimaksudkan agar kotoran dan kerak terangkat dengan sempurna. Kemudian, sikatlah cincin menggunakan sikat gigi bekas, lalu bilas dan keringkan dengan kain lap.


2. Pakai Krim Khusus

Selanjutnya kalian dapat menggunakan krim khusus untuk membersihkan kompor. Setelah kalian aplikasikan pada tungku kompor, biarkan terlebih dahulu selama beberapa menit agar krim dapat bekerja dengan maksimal. Jika kesulitan menjangkau area yang sempit, kalian dapat menggunakan sikat gigi bekas sebagai alatnya dan kalian tinggal menggosok daerah tersebut. Setelah menunggu beberapa menit, kalian tinggal mengelap kompor dengan menggunakan lap atau spons.


3. Gunakan Baking Soda 

Jika kalian merasa bahwa menggunakan bahan kimia tidak begitu efektif, maka kalian dapat beralih pada bahan alami yang memang ampuh untuk membantu mengurangi kotoran yang ada pada kompor. Baking soda merupakan salah satu bahan yang dapat ampuh membersihkan noda pada kompor. Caranya sangat mudah, pertama campur dua sendok baking soda dengan air hangat dan tuangkan ke dalam botol semprotan. Lalu, semprotkan larutan ini ke permukaan kompor gas, biarkan beberapa saat, lalu lap bersih menggunakan kain lap dan pastikan tidak ada sisa cairan yang tersisa.


4. Bersihkan Tabung Gas

Hal terakhir adalah dengan membersihkan tabung gas. Sebelum melakukan proses pembersihan pada tabung gas, langkah awal yang harus dilakukan adalah melepaskan regulatornya untuk memastikan keamanannya. Selanjutnya, tabung harus dibersihkan dengan hati-hati dengan cara menyiramnya dengan air dan menggosoknya dengan sabun di seluruh bagian permukaannya untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Setelah proses pencucian selesai, tabung perlu dibilas dengan air bersih hingga tidak ada sisa sabun yang tersisa. Terakhir, tabung harus dilap dengan teliti menggunakan kain lap hingga benar-benar kering untuk mencegah terjadinya korosi dan memastikan keamanan serta kinerja optimal saat penggunaan kembali.


Nah, sekarang kalian sudah mengetahui bagaimana cara membersihkan kompor dengan benar. Dengan begitu, kompor menjadi nyaman untuk digunakan dan tidak akan lagi mengganggu aktivitas memasak kalian. Dapur yang indah perlu ditunjang dengan memiliki hunian yang indah juga. Maka dari itu, Ray White PIK hadir untuk melengkapi kebutuhan hunian kalian. Apapun keputusan Anda, percayakan urusan jual, beli, atau sewa rumah/properti Anda bersama Ray White PIK. Untuk Info lebih lengkap, kalian dapat mengunjungi website di https://pik.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!


Written by: Dimas Bagus Prakoso

Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC

Editor : Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by : Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)


Share