logo-raywhite-offcanvas

26 Jan 2024

Lebih Enak Shower Atau Bathtub? Simak Penjelasannya!

Lebih Enak Shower Atau Bathtub? Simak Penjelasannya!

Kamar mandi pada rumah merupakan salah satu bagian pada rumah yang berfungsi untuk membersihkan diri, mulai dari mencuci kaki, mencuci muka sampai mandi. Kamar mandi di Indonesia sendiri pada umumnya menggunakan bak mandi dan gayung sebagai pengambil airnya. Namun, pada saat ini banyak sekali rumah menggunakan model dan konsep minimalis. Pada rumah model ini, untuk mencocokkan dengan konsep dan desain yang ada, kamar mandi harus di desain dengan apik dan menarik, salah satunya dengan menggunakan shower atau bathtub.


Apakah kalian sedang bingung untuk memilih antara shower atau bathtub untuk di taruh pada kamar mandi kalian? Pada kali ini kita akan membahas kekurangan serta kelebihan dari masing-masing. Simak yuk!


Kelebihan Shower

Cara menggunakan shower adalah dengan berdiri. Karena posisi yang mengharuskan kita untuk berdiri, maka pemasangannya pun tidak memerlukan ruang yang terlalu lebar dan luas. Penggunaan shower ini cocok untuk kalian yang memiliki kamar mandi yang kecil. Shower lebih mudah dan simpel untuk digunakan. Hanya dengan memutar keran saja, kalian bisa langsung membersihkan diri dengan aliran air yang berasal dari shower. 


Shower lebih hemat air dibandingkan dengan bathtub. Karena air yang mengalir pada shower dapat langsung membersihkan diri kalian. Ketika sudah tidak dipakai lagi, air dapat langsung dimatikan. Pemasangan shower juga tergolong mudah karena lebih fleksibel. Shower ada dua tipe yaitu yang dapat dipegang (handheld) dan dari atas kepala (overhead). Sesuaikan tipe shower tergantung dengan kebutuhan kalian.


Kekurangan Shower

Shower juga memiliki kekurangan. Sifat dari shower sendiri yang mengucurkan serta menyemprotkan air membuat permukaan kamar mandi basah dimana-mana. Karena semprotan air tersebut juga dapat meninggalkan bekas air yang akan menjadi kerak jika terlalu lama tidak dibersihkan. Solusinya adalah dengan rajin membersihkan kamar mandi agar tidak menimbulkan banyak bercak pada kamar mandi. Solusi yang lainnya adalah dengan memberikan sekat pemisah antara shower dan juga toilet. Dengan bahasa yang mudah dipahami adalah dengan membuat shower sendiri. 


Kelebihan Bathtub

Bathtub memiliki kelebihan untuk kalian yang suka sekali bersantai dan berlama-lama di dalam kamar mandi. Dengan hadirnya bathtub kalian jadi dapat bersantai dan melakukan banyak aktivitas yang kalian inginkan di dalam kamar mandi untuk waktu yang cukup lama. Bathtub juga merupakan tempat yang nikmat jika kalian ingin berendam untuk bersantai dengan air hangat. Untuk anak-anak dan hewan peliharaan, kalian tidak perlu lagi kesulitan untuk memandikan mereka. Dibandingkan dengan memandikan pada ember biasa, bathtub lebih efisien karena kalian hanya perlu membuka sumbat yang tersedia untuk menguras air kembali.


Kekurangan Bathtub

DIbalik kenyamanan yang diberikan, bathtub juga memiliki kekurangan. Karena harus memuat orang dewasa, tentu bathtub harus memerlukan ruangan yang lebih besar dibandingkan dengan shower. Maka dari itu untuk kalian yang memiliki kamar mandi yang cenderung sempit, tidak disarankan untuk menggunakan bathtub. 


Selain itu, bathtub kurang cocok dengan orang yang memiliki masalah mobilitas, misalnya orang tua dan penyandang disabilitas. Karena keterbatasan mobilitas, keluar masuk bathtub juga akan menjadi kerumitan tersendiri dengan memiliki beberapa resiko seperti tergelincir. Penggunaan air pada bathtub juga cenderung lebih boros karena bathtub merupakan penampungan air untuk berendam. Kalian harus mempertimbangkan hal ini sebelum membeli bathtub.


Penggunaan shower dan bathtub harus disesuaikan dengan kebutuhan. Melihat kondisi kamar mandi dan rumah juga perlu dipertimbangkan. Maka dari itu, rumah yang nyaman dan luas menjadi salah satu impian banyak orang. Ray White PIK hadir untuk melengkapi kebutuhan hunian kalian. Apapun keputusan Anda, percayakan urusan jual, beli, atau sewa rumah/properti Anda bersama Ray White PIK. Untuk Info lebih lengkap, kalian dapat mengunjungi website di https://pik.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!



Share
Search
Tag