logo-raywhite-offcanvas

26 Jan 2024

Kawasan Elit Pantai Indah Kapuk: Simak Sejarahnya

Kawasan Elit Pantai Indah Kapuk: Simak Sejarahnya

Pantai Indah Kapuk atau yang biasa kita kenal sebagai PIK merupakan salah satu kawasan yang terletak di Jakarta Utara. Kawasan ini terkenal dengan keindahan panorama alam pantainya yang membentang dan juga terdapat berbagai fasilitas yang menarik seperti, tempat untuk berbelanja, kebutuhan fasilitas pendidikan, rumah-rumah elit, dan masih banyak lainnya. Namun, daerah Pantai Indah kapuk ini memiliki sejarah yang menarik untuk diulas. SImak sejarahnya yuk!


SEJARAH AWAL


Pemukiman Pantai Indah Kapuk ini berdiri pada luas lahan sekitar 1.660 hektar yang berdiri kokoh di daerah Penjaringan, Jakarta Utara. Kawasan ini memiliki potensi yang besar untuk dapat dikembangkan menjadi salah satu kawasan baru yang akan lahir dengan diisi oleh hunian yang eksklusif. Jakarta dan sekitarnya terus berkembang, begitu juga dengan Pantai Indah Kapuk yang mengalami perbaikan serta perkembangan yang cukup signifikan.


Agung Sedayu Group memimpin proyek pengembangan kawasan elit Pantai Indah Kapuk pada awal tahun 1990-an. Di tangan Agung Sedayu Group, kawasan Pantai Indah Kapuk menjadi kawasan elit yang saat ini digandrungi serta diminati oleh banyak sekali masyarakat Jakarta. Hal ini terjadi berkat visi mereka yang ingin menciptakan sebuah kawasan dengan hunian yang sudah mendapatkan fasilitas yang lengkap.


TERKENA ISU LINGKUNGAN


Pada saat akan dibangun kawasan ini pada tahun 1992, sempat terjadi masalah isu lingkungan yang melanda proyek besar Pantai Indah Kapuk. Bahkan, Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup Emil Salim saat itu menerbitkan surat nomor B-655/Men.KLH./3/1992 kepada Pemerintah DKI Jakarta. Surat tersebut berisi protes atas keberadaan PT Mandara Permai di PIK. Pada saat itu proyek pembangunan dinilai dapat merusak lingkungan yang dapat memicu kekeringan pada musim kemarau yang akan datang serta banjir dikala hujan melanda. Pembangunan juga diisukan akan merusak kawasan hutan dan takut akan mengancam habitat hewan disana. Meski begitu, proyek ini tetap terus dilanjutkan dan mengklaim bahwa pembangunan dilakukan akan terbebas dari ancaman kerusakan lingkungan.


PERKEMBANGAN SAAT INI


Pantai Indah Kapuk sukses membuat image tentang hunian yang elit serta didambakan oleh orang banyak. Hal ini terjadi karena Pantai Indah Kapuk mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini Pantai Indah Kapuk tidak hanya dikenal sebagai kawasan dengan hunian yang elit, namun juga sudah dipenuhi berbagai fasilitas yang beraneka ragam, mulai tempat perbelanjaan, hotel, akses pendidikan, hiburan, dan masih banyak lagi fasilitas yang dapat kalian temui di Pantai Indah Kapuk ini. Selain itu, kawasan Pantai Indah Kapuk juga berdekatan dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang menjadikan kawasan ini semakin ramai dan sering dilalui oleh banyak masyarakat.


Saat ini Pantai Indah Kapuk terus mengalami perkembangan yang sangat pesat dan dikenal sebagai salah satu kawasan elit yang ada di wilayah Jakarta. Pantai Indah Kapuk bahkan sudah akan jadi proyek terbarunya, yaitu Pantai Indah Kapuk 2. Dengan fasilitas serta keindahan alamnya, kawasan Pantai Indah Kapuk memiliki banyak hunian untuk ditinggali. Ray White PIK hadir untuk memenuhi kebutuhan hunian impian anda. Ray White PIK berdiri sejak tahun 2016 yang bergerak di bidang property real estate, dengan spesialisasi melayani dalam membeli, menjual, atau menyewakan tempat tinggal, apartemen, kantor dan juga berbagai ruang usaha. Untuk info selengkapnya kunjungi website kami di https://pik.raywhite.co.id .


Share
Search
Tag