logo-raywhite-offcanvas

22 Mar 2024

Konsep Rumah Ruang Terbuka : Intip Kelebihan Dan Kekurangannya

Konsep Rumah Ruang Terbuka : Intip Kelebihan Dan Kekurangannya

Pada saat ini banyak sekali rumah dengan desain dan konsep yang berbeda beda. Untuk saat ini konsep yang cukup populer bagi hunian adalah dengan mengusung konsep open space atau yang akrab disebut rumah dengan ruang terbuka. Konsep ini dapat kalian temukan pada banyak hunian yang mengusung konsep minimalis modern. Dengan adanya konsep open space akan menciptakan sebuah rumah dengan ruang gerak yang cukup, karena konsep ini merupakan konsep hunian tanpa sekat antar ruangan. Namun, sebelum kalian membuat konsep ini, perlu diperhatikan beberapa kelebihan serta kekurangan dari konsep open space yang akan dibahas pada artikel berikut ini.


Kelebihan Konsep Ruang Terbuka


Ruangan Menjadi Lebih Luas

Kelebihan dari rumah dengan konsep ini adalah ruangan menjadi terlihat lebih luas apabila dibandingkan dengan rumah pada umumnya. Hal ini disebabkan tidak adanya sekat pembatas antar ruangan yang dapat memberikan kesan luas karena ruangan dapat terlihat dengan jelas dan baik. Ruangan yang terlihat lebih luas ini akan menguntungkan apabila kalian melakukan banyak aktivitas. 


Pencahayaan Yang Maksimal

Jika rumah yang kalian huni menggunakan konsep ruang terbuka maka kalian akan mendapatkan pencahayaan yang maksimal. Pasalnya dengan tidak adanya sekat antar ruangan akan membuat banyak ruangan terkena sinar matahari. Cahaya yang baik ini tidak hanya membuat ruangan terkesan lebih luas, namun juga dapat menyehatkan badan bagi penghuni keluarga yang tinggal di dalamnya. 


Mempererat Hubungan Keluarga

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa konsep open space ini mengusung konsep dengan ruang terbuka pada rumah. Maka dari itu, dengan tidak adanya sekat antar ruangan menjadikan anggota keluarga yang tinggal didalamnya menjadi sering berjumpa. Dengan sering berjumpa, maka setiap anggota keluarga secara tidak langsung akan berkomunikasi terus menerus. Jika kalian sudah memiliki anak, maka kalian juga dapat mengawasi anak kalian dengan baik, sementara kalian memasak di dapur anak masih dapat terpantau dengan baik dan maksimal.



Aliran Udara Yang Baik

Dengan tidak adanya sekat antar ruangan akan menjadikan aliran udara pada rumah semakin baik. Pasalnya aliran udara akan mengisi setiap ruangan pada rumah secara maksimal. Aliran udara yang baik ini akan membuat ruangan menjadi tidak pengap dan tidak lembab. Udara yang mengalir dengan baik akan berdampak baik pula bagi keluarga yang tinggal di dalamnya.


Kekurangan Konsep Ruang Terbuka


Kurang Adanya Privasi 

Seperti yang diketahui bahwa rumah dengan konsep ruang terbuka ini tidak memiliki sekat antar ruangan. Maka dari itu kita akan sering bertemu dengan anggota keluarga yang lainnya. Jika kalian merupakan orang yang mementingkan privasi, maka konsep ini kurang cocok untuk kalian. 


Listrik Menjadi Lebih Boros

Jika kalian akan menggunakan konsep ruang terbukapada rumah kalian nanti, pastikan kalian mempunyai uang yang lebih untuk membayar biaya listrik. Dengan ruangan yang luas tanpa sekat akan membutuhkan banyak energi listrik yang dihasilkan dari barang elektronik kalian. Misalnya kalian ingin membutuhkan AC atau kipas angin untuk ruang tamu kalian, maka energi yang dibutuhkan akan lebih besar karena ruangan yang cukup luas. 


Ruangan Menjadi Lebih Bergema

Apakah kalian pernah berwisata ke goa? Jika kalian perhatikan goa akan memantulkan suara ketika kita sedang berbicara yang akhirnya akan menimbulkan suara gema. Sama seperti halnya rumah dengan konsep open space, rumah kalian akan terasa lebih bergema apabila dibandingkan dengan rumah biasanya. Terlebih lagi jika kalian sedang melakukan aktivitas secara bersamaan seperti menonton TV, memasak, atau berolahraga akan menimbulkan suara yang cukup keras. 


Apakah kalian ingin menggunakan konsep open space ini? Sekarang kalian sudah mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan dari menggunakan konsep ruang terbuka. Dengan mengusung konsep ruang terbuka maka rumah akan menjadi terlihat lebih luas, namun ada beberapa pertimbangan untuk mencegah kekurangannya. 


Jika kalian ingin menerapkan konsep ini, maka kalian juga harus memiliki hunian yang baik juga. Ray White PIK hadir untuk melengkapi kebutuhan hunian kalian. Apapun keputusan Anda, percayakan urusan jual, beli, atau sewa rumah/properti Anda bersama Ray White PIK. Untuk Info lebih lengkap, kalian dapat mengunjungi website di https://pik.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!


Written by: Dimas Bagus Prakoso

Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC

Editor : Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by : Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)


Share