logo-raywhite-offcanvas

02 May 2023

Yuk Kenalan Dengan Circadian Lighting: Sistem Pencahayaan Rumah yang Bisa Mempengaruhi Mood Saat Beraktivitas!

Yuk Kenalan Dengan Circadian Lighting: Sistem Pencahayaan Rumah yang Bisa Mempengaruhi Mood Saat Beraktivitas!

Nyatanya sistem pencahayaan rumah dapat menjadi penyebab menurunnya mood Anda saat beraktivitas di dalam rumah. Para desainer interior mungkin telah menganggap penting hal ini namun, kita sebagai orang awam tidak menyadari hal ini. Terdapat suatu istilah ‘circadian lighting’  yang mana merupakan istilah dari adanya pengaruh sistem pencahayaan ruangan terhadap mood atau kondisi sirkadian seseorang. Sistem sirkadian itu sendiri merupakan proses biologis manusia yakni adanya perubahan fisik, mental dan perilaku sesuai siklus 24 jam yang terpengaruh dari situasi terang maupun gelap. 

Circadian lighting mengacu pada pencahayaan yang diatur untuk nantinya manusia bisa memperoleh suasana tidur di malam hari yang baik setelah menjalani hari dengan produktivitas yang baik. Circadian lighting dapat menciptakan respon tertentu yang diperoleh dari mata manusia kemudian akan mengirimkan sinyal kepada otak manusia untuk melakukan aktivitas tertentu sesuai dengan apa yang dibutuhkan pada waktu tertentu. Semisal, situasi sinar matahari yang beralih dari terang ke gelap akan mengirimkan sinyal kepada tubuh manusia untuk mulai beristirahat di malam hari.

Tujuan dari circadian lighting ini sendiri yakni mensimulasikan siang hari. Secara tidak langsung, sistem pencahayaan ini bertujuan untuk mengoptimalkan tingkat kefokusan dan kreativitas seseorang dalam beraktivitas. Beberapa data dari studi menunjukkan bahwa seseorang yang terpapar oleh sinar matahari langsung akan lebih unggul dari segi kinerjanya dibandingkan dengan seseorang yang tidak mendapatkan sinar matahari langsung. Bisa dikatakan bahwa, seseorang yang kurang memperoleh sinar matahari langsung dalam aktivitasnya akan mengalami penurunan produktivitas dan merasa cepat lelah. 

 Tiga hal yang bisa termasuk dalam circadian lighting adalah bagaimana pengaturan temperatur, kecerahan warna lampu dan posisi dari mana cahaya berasal. 

Berikut adalah beberapa tips mengatur pencahayaan di rumah anda yang mengacu pada sistem circadian lighting:

  1. Menentukan ruangan atau sudut mana di rumah Anda yang akan menggunakan sistem circadian lighting.
  2. Pahami aktivitas apa yang akan dilakukan di ruangan tersebut dan kebutuhan pencahayaanya.
  3. Mempertimbangkan faktor eksternal lain salah satunya seperti pencahayaan alami.
  4. Gunakan lampu LED yang dapat diatur intensitas cahayanya.
  5. Lakukan evaluasi dari efektivitas sistem circadian lighting yang digunakan.

Anjuran yang tepat dalam sistem pencahayaan circadian lighting yang bisa menyesuaikan mood Anda di rumah adalah: 

  • Simulasi cahaya matahari terbit dan meredup yang dapat menggunakan lampu warm white dengan intensitas redup cocok untuk kamar tidur dan juga ruang santai.
  • Simulasi cahaya matahari di siang hari yang dapat menggunakan lampu putih dengan intensitas yang terang cocok untuk ruangan belajar, dapur, dan ruang membaca. 

 Seiring berjalannya waktu, dengan sistem pencahayaan circadian lighting, tubuh akan menyesuaikan diri dengan siklus tidur/bangun lebih alami yang akan berpengaruh pada kesejahteraan seseorang sebagai penghuni rumah melalui suasana ruangan yang nyaman dan fungsional. Setelah mengetahui circadian lighting, apakah Anda tertarik mencobanya di rumah Anda?

Share