logo-raywhite-offcanvas

23 Nov 2022

Ini Dia Beberapa Aturan Feng Shui Dapur di Rumah Anda, Mulai Dari Pencahayaan Sampai Tata Letak Kompor!

Ini Dia Beberapa Aturan Feng Shui Dapur di Rumah Anda, Mulai Dari Pencahayaan Sampai Tata Letak Kompor!

Ini Dia Beberapa Aturan Feng Shui Dapur di Rumah Anda, Mulai Dari Pencahayaan Sampai Tata Letak Kompor!



Beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menata dan mempercantik dapur di rumah Anda supaya memiliki tampilan yang lebih rapi, dan indah untuk dipandang.

Tapi tahukah Anda? Terdapat beberapa aturan Feng Shui yang bisa Anda jadikan acuan untuk bisa memperindah desain dan tampilan dapur Anda. 

 

Namun sebelum membahasnya, mari kenali apa itu Feng Shui?

 

Feng Shui merupakan suatu seni dan ilmu yang diturunkan secara turun temurun oleh masyarakat Tionghoa kuno. Feng Shui biasanya digunakan sebagai cara menata suatu benda dan ruangan di suatu lingkungan tertentu untuk bisa membawa manfaat-manfaat baik dalam kehidupan sehari-hari. 

 

3 konsep dan prinsip dasar dalam Feng Shui adalah Qi yang merujuk pada kekuatan alam seperti matahari, air, udara dan pengaruh kosmik. Yin dan Yang merujuk pada konsep hidup dari dua unsur berlawanan yang mana Yin identik dengan gambaran suasana gelap serta Yang identik dengan gambaran suasana terang dari suatu ruangan. Adapun prinsip 5 elemen W?xíng yang merupakan pendukung dari Yin dan Yang. Lima elemen tersebut antara lain elemen air, elemen tanah, elemen kayu, elemen besi, dan elemen api. 

 

Setelah mengetahui apa itu Feng Shui, lalu apa saja aturan Feng Shui di dapur yang bisa Anda gunakan untuk menata dapur Anda?

 

  1. Pemilihan Warna

 

Warna merupakan salah satu elemen terpenting dalam menentukan suasana dapur Anda. Dalam Feng Shui, penggunaan cat tembok maupun wallpaper berwarna merah dan oranye nyatanya perlu dihindari. Hal ini dikarenakan, kedua warna tersebut dalam menimbulkan ketidakseimbangan energi yang ada di dalam ruangan dapur Anda.

 

Untuk itu, pemilihan warna netral seperti putih, krem, coklat, dan abu-abu merupakan pilihan yang sangat tepat untuk dapur Anda karena dapat memudahkan dalam menata ruangan serta dapat dengan mudah dipadukan dengan warna-warna lainnya. 

 

  1. Aturan Pencahayaan 

 

Dalam aturan pencahayaan menurut Feng Shui, prinsip Qi sangat berperan dalam hal ini. Pengaturan pencahayaan sangatlah penting untuk diperhatikan, terutama untuk menghindari Qi yang buruk saat memasuki dapur Anda. Pencahayaan yang baik dapat mulai dari penggunaan lampu sampai jendela untuk memperoleh cahaya alami dari sinar matahari bagi dapur Anda. Selain itu, pencahayaan yang baik juga bisa membuat dapur Anda terlihat lebih besar dan luas. 



  1. Penggunaan Elemen Kayu

 

Penggunaan perabotan kayu dalam dapur Anda merupakan salah satu Feng Shui yang penting selain membawa kemakmuran, tetapi juga dipercaya dapat memperkuat ikatan kekeluargaan dan menjaga energi positif dalam diri Anda.

 

Selain itu, dalam desain interior, penggunaan perabotan serba kayu dapat memberikan visualisasi yang sempurna untuk dapur Anda. Elemen kayu dapat memberikan unsur yang dekoratif karena desainnya yang natural dan juga elegan . Adapun perabotan yang terbuat dari bahan kayu memiliki kualitas yang sangat baik dan bisa tahan lama bahkan sampai bertahun-bertahun. Beberapa bahan kayu terbaik yang bisa Anda gunakan adalah kayu jati, mahogani dan merbau.



  1. Posisi Kompor

 

Aturan Feng Shui ini merupakan salah satu yang tidak ketahui banyak oleh orang-orang. Namun yang perlu diketahui adalah dalam Feng Shui, peletakan posisi kompor sangat dipercaya dapat mewakili kondisi karir dan kekayaan Anda. 

Pastikan untuk tidak memposisikan kompor Anda sejajar dengan pintu dapur Anda Saat memasak, Anda harus bisa melihat pintu masuk ke dapur Anda yang mana hal ini dapat Anda atur mulai dari peletakan kompor atau pintu dapur Anda. Hal inilah menggambarkan bahwa Anda akan selalu siap melihat peluang atau energi yang menghampiri dan mengendalikan kondisi karir Anda.



  1. Beri Jarak Antar Wastafel dan Kompor

 

Prinsip 5 elemen W?xíng ini sangatlah berperan dalam aturan Feng Shui yang satu ini. Wastafel yang menyimbolkan elemen air dan kompor yang menyimbolkan elemen api sebaiknya tidak diletakkan dalam posisi yang berdekatan. Hal ini dikarenakan dapat membawakan konflik dalam segala hubungan yang Anda miliki. Sifat air dan api yang berlawanan sangat memicu timbulnya energi negatif di sekitar Anda. 

 

Sebagai antisipasi, bagi Anda yang sedang membangun dapur yang cukup luas, sebaiknya menempatkan salah satu elemen air ataupun api di kitchen island agar tidak berada sejajar maupun berdekatan satu sama lain. Namun, bagi Anda yang memiliki dapur yang tidak terlalu luas, tidak perlu khawatir. Anda bisa meletakkan elemen tanah semisal tanaman hias kecil di antara kedua elemen tersebut untuk dapat meredakan energi negatif tersebut. 



Demikian beberapa aturan-aturan Feng Shui yang dapat Anda lakukan untuk bisa menciptakan suasana dapur yang bersih, indah, rapi, dan tentunya memancarkan energi positif. Dapur merupakan salah satu bagian di dalam rumah yang paling penting untuk dijaga kebersihan dan kerapiannya, terutama bagi Anda yang gemar memasak. Akan sempurna jika Anda dapat memasak dengan suasana hati yang baik dan gembira ketika melihat kondisi dapur Anda yang baik dan indah untuk dipandang. 



Share