logo-raywhite-offcanvas

01 May 2024

Usir Hawa Panas di Kamar Dengan 6 Cara Ini!

Usir Hawa Panas di Kamar Dengan 6 Cara Ini!

Kamar merupakan tempat yang nyaman untuk kita beristirahat pada rumah. Kamar menjadi salah satu tempat yang dijaga agar selalu terasa nyaman sehingga kita dapat beristirahat dengan tenang dan nyaman. Apa jadinya jika kamar yang kalian gunakan untuk beristirahat menjadi tidak nyaman, salah satunya hawa panas yang ada di dalam kamar? Tentu beristirahat tidak akan menjadi nyaman dan cenderung tidak betah berada di dalam kamar.


Salah satu cara agar kamar tidak menjadi panas adalah dengan menggunakan AC sebagai salah satu sumber udara yang dapat membuat kamar menjadi lebih sejuk. Dengan adanya AC maka kalian akan semakin betah berada di kamar. Namun, penggunaan AC juga dapat dipertimbangkan karena daya yang dihasilkan oleh AC tergolong tidak kecil. Akhirnya listrik yang akan kalian bayar secara tidak langsung akan menjadi membengkak. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa cara agar kamar tidak merasa panas tanpa harus menggunakan AC. Simak yuk artikelnya.


1. Menutup jendela

Cara yang pertama dapat kalian lakukan adalah dengan menutup jendela kamar kalian. Menutup jendela pada kamar dapat mencegah masuknya udara yang memiliki suhu panas masuk kedalam ruangan kamar. Jika nanti sudah dirasa kembali sejuk pada malam hari, maka kalian dapat membuka kembali jendela yang sudah kalian tutup dan biarkan udara sejuk tersebut masuk ke dalam ruangan kamar dan mengisi setiap sudut kamar. 


2. Menghilangkan Sumber Tambahan Panas

Jika kalian pikir bahwa suhu kamar menjadi panas akibat matahari saja, kalian salah. Nyatanya suhu panas tersebut bisa dihasilkan dari beberapa barang yang ada di ruangan dan menghasilkan panas yang cukup lumayan. Barang tersebut diantaranya adalah komputer atau peralatan lainnya yang dapat menghasilkan panas jika dibiarkan menyala dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasinya kalian dapat mematikan alat tersebut sebelum kalian beranjak tidur. 


3. Mengganti Sprei

Tanpa kalian sadari kegiatan yang sederhana ini dapat mengurangi hawa panas yang ada di dalam kamar lho. Pasalnya dengan menggunakan sprei yang baru, tidur kalian akan menjadi lebih sejuk karena bahannya yang halus dan dingin. Selain untuk penghilang hawa panas, memasang sprei baru akan membuat ruangan menjadi lebih wangi karena aroma pewangi dari sprei baru tersebut. Pastikan kalian menggunakan kain sprei yang terbuat dari katun, linen, atau kain yang halus lainnya. Kalian dapat mengganti sprei setidaknya 2 minggu sekali sudah cukup, jika dirasa kurang kalian bisa mengganti sprei seminggu sebanyak dua kali.


4. Mematikan Lampu Sebelum Tidur

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin diatas bahwa kalian harus menghindari barang yang dapat menghasilkan panas yang berlebih, contohnya adalah lampu pada kamar. Menyalakan lampu dalam sebuah ruangan dapat menghasilkan panas yang berlebihan, oleh karena itu, disarankan untuk mematikannya saat tidak digunakan untuk mengurangi hawa panas yang ada pada kamar kalian. Mematikan lampu dapat mengurangi efek panas dari kamar, selain itu juga mematikan lampu dapat mengurangi beban pembayaran listrik yang tinggi.


5. Menggunakan Kipas Angin

Menggunakan kipas angin sebagai penghilang hawa panas ternyata tidak seburuk yang kalian pikirkan. Kipas angin berfungsi untuk membantu mengalirkan udara yang ada ke sekeliling kamar. Jika kipas angin dirasa masih kurang maksimal dalam membuat ruangan menjadi lebih sejuk, jangan khawatir karena ada tipsnya. Kalian hanya perlu menyiapkan es batu pada bagian depan kipas. Nantinya udara akan terasa lebih sejuk seperti menggunakan AC!


6. Memelihara Tanaman Pada Kamar

Jika kalian merasa bahwa kamar kalian sangat panas dan pengap, mungkin kalian perlu mempertimbangkan untuk menggunakan cara ini. Memelihara tanaman pada kamar kalian akan membuat kamar menjadi lebih sejuk. Karena seperti yang kita ketahui bahwa tanaman merupakan penghasil oksigen yang baik. Beberapa tanaman yang dapat kalian tanam adalah lidah buaya, pakis, dan masih banyak lagi.


Sekarang kalian sudah mengetahui beberapa cara agar kamar kalian terasa menjadi lebih sejuk dan tidak pengap tanpa harus menggunakan AC. kamar yang nyaman tentu membutuhkan dukungan dari rumah yang nyaman juga. Maka dari itu Ray White PIK hadir untuk melengkapi kebutuhan hunian kalian. Apapun keputusan Anda, percayakan urusan jual, beli, atau sewa rumah/properti Anda bersama Ray White PIK. Untuk Info lebih lengkap, kalian dapat mengunjungi website di https://pik.raywhite.co.id. Find a home that suits your lifestyle with Ray White!


Written by: Dimas Bagus Prakoso

Intern Marcomm Loan Market & Ray White PPC

Editor : Veronica Winata (Marcomm Loan Market & Ray White PPC)

Approved by : Theresia S. Tamba (SPV Marcomm Loan Market & Ray White PPC)


Share